Masjid Agung Malang, Destinasi Wisata Religi Terbaik di Kota Malang

Salah satu destinasi wisata religi yang tak boleh Anda lewatkan ketika berada di kota Malang adalah masjid agung Malang. Masjid yang sudah berdiri lebih dari 100 tahun atau tepatnya berdiri sejak tahun 1890 hingga 1903 ini selalu ramai oleh pengunjung, baik yang berkepentingan untuk beribadah ataupun untuk berwisata religi.

Masjid Agung Malang Destinasi Wisata Religi Di Kota Malang

masjid jami malang
Source: instagram/@farishusnanto
Masjid Jami Malang sendiri menjadi ikon sejarah Islam di kota yang berjulukan kota apel ini. Bahkan hingga saat ini bangunan asli masjid agung jami malang ini masih dipertahankan, yakni dengan bujur berbentuk sangkar dan memiliki struktur baja yang memiliki atap tajug tumpang dua.

Lokasi Masjid Agung Malang

Letak Masjid Jami Malang sendiri berada di Jalan merdeka Barat No. 3, Kauman, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119. Tepatnya berada di sebelah alun-alun Malang. Biasanya sangat ramai dikunjungi, apalagi saat musim liburan. Para pengunjung singgah untuk beribadah dan istirahat setelah berlibur di berbagai wisata kota Malang.

Sejarah Situs Masjid Jami Malang

masjid jami malang tempo dulu
Source: instagram/@heyderaffan
Meskipun masih mempertahankan struktur bangunan aslinya namun secara keseluruhan ada banyak perubahan yang terlihat dari bangunan masjid tempo dulu dengan masjid Jami’ Malang saat ini. Mulai dari ukuran bangunan yang sudah semakin luas hingga bentuk bangunan yang semakin megah dan tinggi.

Masjid yang lokasinya tak jauh dari alun-alun Kota Malang ini memiliki sejarah yang cukup panjang hingga menjadi bangunan yang begitu megah seperti saat ini.

Awalnya, Masjid Agung Malang dibangun pada tahun 890 M di atas tanah Negara atau tanah Geopernemen dengan ukuran sekitar 3 hektar. Menurut prasasti yang menjadi bukti sejarah masjid, tempat beribadah umat Islam ini dibangun dalam dua tahapan. Tahap pertama dibangun pada tahun 1890 M. sementara tahap kedua dimulai dari 15 Maret 1903 hingga 13 September 1903 M. lamanya pembangunan masjid dilantari karena beberapa faktor, salah satunya adalah karena ukuran masjid yang begitu besar.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jika bangunan masjid berbentuk bujur sangkar dengan struktur baja pada atap Tanjung Tumpang Dua. Struktur dan bentuk inilah yang masih dipertahankan hingga saat ini. sementara perubahan lain hanya berupa penambahan dan pengurangan pada detail-detailnya.

Fungsi Bangunan Masjid Jami Malang

Dulunya masjid agung ini memang hanya dikenal dengan sebutan masjid Jami’ Malang dan merupakan masjid utama bagi masyarakat Malang. Bahkan pada jaman dahulu, masjid ini bukan hanya difungsikan sebagai tempat beribadah umat Muslim namun juga untuk kepentingan kemasyarakatan dan sosial budaya dalam arti luas. Pada masa sekarang, masjid agung ini digunakan sebagai tempat ibadah, dan tempat istirahat bagi para pengunjung dari luar kota.

Keunikan Arsitektur Masjid Jami Malang

masjid agung malang
Source: instagram/@hernawan.herry
Dari bentuknya saja sudah terlihat bagaimana uniknya arsitektur bangunan masjid. Namun secara keseluruhan, Masjid Agung Malang memiliki dua gaya arsitektur yakni arsitektur Arab dan Jawa.

Gaya arsitektur Arab terlihat dari bentuk kubah di bagian menara masjid dan juga konstruksi lengkung pada bidang bukaan pintu maupun jendela. Sementara arsitektur Jawa terlihat dari bagian atap yang bentuknya tajug khas bangunan kuno Jawa.

Masjid di Malang yang megah ini ditopang oleh 4 sokoguru utama yang masing-masing terbuat dari kayu jati. Ada pula 20 tiang dengan bentuk mirip 4 sokoguru utamanya. Saka atau penyangga dari kayu jati ini membuat bangunan masjid begitu kokoh dan masih dipertahankan sampai 100 tahun lebih.

Beralih ke bagian lain, ada salah satu bagian paling spesial di Masjid Agung Malang ini yakni pada mihrab atau tempat imamnya. Dengan desain lengkung yang tampak begitu megah, bagian ini menjadi pusat perhatian bangunan masjid Jami Malang.

Menariknya, di belakang mihrab masjid Agung Malang, terdapat beberapa makam leluhur dan tokoh pendiri masjid. Makam leluhur ini juga selalu ramai oleh peziarah yang ingin mengirimkan doanya.

Kemudian pada bagian luar masjid pun dikelilingi halaman yang begitu luas dan ditanami berbagai tumbuhan cantik nan rindang.

Demikian ulasan tentang masjid Jami Malang. Penasaran dengan wisata religi di Kota Malang ini? Yuk langsung datang ke masjid agung Malang.

0 comments