12 Makanan Khas Malang Tempo Dulu Yang Masih Ada Hingga Saat Ini

Makanan khas Malang tempo dulu biasanya masih dicari oleh banyak orang, baik masyarakat lokal ataupun wisatawan. Apakah Anda seorang pecinta kuliner? Ingin mencari makanan enak, lezat, dan khas daerah? Jawabannya ada di ulasan yang satu ini.

Jajanan khas Malang ini biasanya sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Hal itulah yang membuatnya menjadi makanan khas Malang yang enak. Jika Anda berada di Malang dan bingung apa yang harus dimakan di Malang, Anda bisa mengunjungi salah satu kuliner mkanan Kota Malang, Jawa Timur yang lezat ini. Jika Anda belum mencoba salah satunya, maka bisa dibilang belum lengkap Anda berkunjung ke kota wisata ini.

Makanan Khas Malang Yang Enak 

Selain menjadi kota wisata, Kota Malang juga terkenal punya banyak wisata kuliner yang lezat. Terkadang beberapa orang Malang sendiri ada juga yang tidak tau makanan khas Malang tempo dulu ini, apalagi dengan para pengunjungnya. Oleh karena itu, beberapa ulasan ini akan membantu Anda dalam menemukan peta kuliner Malang khas tempo dulu. 

Bakso Presiden, Bakso Legendaris Malang (Tahun 1977)

Siapa orang Malang yang tidak tau Bakso Presiden ini? Ya bakso ini memang sangat terkenal sampai menjadi ciri khas Kota Malang. Berkunjung ke Malang akan sangat tidak lengkap jika belum mencicipi bakso Malang yang satu ini.

makanan-khas-malang-tempo-dulu-bakso-presiden

Bakso Presiden Malang ini sudah ada sejak tahun 1977 dan hingga saat ini tempat kuliner Malang tersebut selalu ramai dikunjungi para pelanggannya. Kuliner Malang kekinian ini memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dari kebanyakan bakso lainnya. Apa yang membedakan bakso presiden dengan bakso lain?

Bedanya ada pada menunya atau pilihan isi. Banyak varian pilihan dan campuran bakso di sini. Mulai dari bakso goreng, bakso urat, bakso kecil, bakso besar, bakso telur, bakso goreng panjang, bakso goreng udang, bakso tulang muda, siomay goreng, siomay basah, jeroan paru dan masih banyak lagi.

Ingin mencobanya? Penasaran dengan menu makanan khas Malang tempo dulunya? Datang saja langsung ke tempatnya di Jalan Baranghari No. 5 Malang (di belakang hotel Savana)

Toko Oen, Es Krim Legendaris Malang (Tahun 1930)

Pernah ke Toko Oen selama di Malang? Cobalah sekali Anda ke tempat ini, agar bisa mengenal Malang lebih jauh. Belum lengkap rasanya kalau tak datang ke tempat ini. Kelezatan Ice Cream yang begitu melegenda sudah ada sejak tahun 1930 hingga saat ini.

makanan khas malang tempo dulu toko oen malang

Cita rasa es krim di tempat makan ini juga masih tetap dengan sejak dulu. Selain itu, toko ini juga menyajikan beberapa menu lezat lain, seperti nasi goreng, steak, dan aneka kue kering. Makanan khas Malang yang enak ini dapat menjadi pilihan Anda saat lapar. 

Kabarnya, pada zaman dahulu Toko Oen ini digunakan sebagai tempat nongkrong orang Belanda pada masa itu, dan kini restoran Oen tersebut banyak dikunjungi wisatawan mancanegara yang ada di Kota Malang karena makanan khas Malang tempo dulu yang ada di tempat ini.

Suasana di Tempat ini juga masik klasik seperti masa lalu. Jika ingin mengunjunginya, lokasinya ada di Jalan Basuki Rachmad Malang (Sekitar Alun-alun Malang), cari lokasinya dengan menggunakan Google Maps ya.

Pecel Kawi, Pecel Legendaris Malang (Tahun 1979)

Pernah merasakan lezatnya pecel kawi Malang? Nasi pecel sudah menjadi salah satu makanan favorit Kota Malang. Biasanya makanan ini digunakan sebagai sarapan pagi di Malang.

makanan khas malang tempo dulu pecel kawi malang

Pecel Kawi sudah terkenal sejak tahun 1979, hingga saat ini namanya juga masih sangat terkenal. Populernya ini juga bukan tanpa alasan. Makanan khas Malang tempo dulu ini juga punya rasa yang khas beda dengan pecel lain.

Cita rasa pecel kawi memang berbeda dengan pecel lain pada umumnya. Bedanya itu ada pada bumbu kacangnya yang gurih dan lebih kental sehingga rasa pecel yang lezat bisa muncul.

Sebelum pergi ke wisata Kota Malang, sebaiknya Anda mencoba makanan yang satu ini. Mau tau rasanya? datang saja ke Pecel Kawi Malang yang berlokasi di jalan kawi atas no. 43B, Malang.

Soto Geprak Mbah Djo, Soto Logendaris Malang (Tahun 1959)

Bagaimana rasanya soto geprak mbah djo ini? tentunya sangat enak. Salah satu makanan khas Malang tempo dulu ini bisa menjadi pilihan Anda untuk mencicipi hidangan khas Malang.

makanan khas malang tempo dulu soto geprak mbah djo malang

Soto Geprak Mbah Djo sudah ada sejak tahun 1959, hingga kini juga masih ada. Rasanya itulah yang membuatnya terkenal sampai saat ini. Apa yang membuatnya berbeda?

Racikan bumbu tradisional yang berkualitas itulah yang bisa menghasilkan citarasa yang khas dan kuat. Memang lezat soto yang satu ini, kabarnya soto ini dapat disamakan dengan sajian soto mahal yang ada di restaurant mewah.

Selain soto sebagai menu utama, ada juga makanan lainnya seperti ayam goreng, bebek goreng, bakso dan minuman. Mau coba sotonya? Datang saja ke tempatnya di Jalan Letjen S. Parman Malang.

Depot Hoklay, Cobain Fosco Legendaris Malang

Tau depot hoklay di Kota Malang ini? Tempat wisata kuliner di Malang ini memang unik. Pasalnya tempat ini malah didominasi dengan makanan khas Semarang yakni lumpia.

makanan khas malang tempo dulu depot hok lay malang

Depot Hoklay sudah ada sejak 1946 hingga saat ini. Tempat makan ini cukup terkenal, ada satu jenis  minuman yang tak bisa Anda dapatkan di tempat lain. Apakah itu?

Fosco, apa itu fosco? Jenis minuman yang hanya bisa ditemukan di tempat makanan khas Malang tempo dulu ini. Minuman ini punya cita rasa yang khas, terbuat dari susu murni dan coklat yang disajikan dalam keadaan dingin.

Minuman ini dikemas dalam botol kaca, dan konon dibuat dari resep asli Belanda dan sudah menjadi minuman favorit sejak dulu. Mau coba? Datang saja ke tempatnya di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Malang.

Bakpao Boldy, Bakpao Legendaris Malang (Tahun 1950)

Pernah nyobain bakpao boldy yang enak ini? Bakpao ini merupakan salah satu jajanan khas Malang yang cukup mengenyangkan. Makanan khas Malang tempo dulu ini dibuat dengan citarasa yang unik tentunya.

makanan khas malang tempo dulu - bakpao boldy


Bakpao boldy sudah ada di Kota Malang sejak tahun 1950, hingga saat ini juga masih tersedia. Citarasa alami yang lezat menjadi sebuah keunggulan dari bakpao ini. Kuliner Malang kekinian ini dapat menjadi pilihan sebagai oleh-oleh khas Malang. 

Selain itu, ada juga berbagai varian rasa yang menarik seperti ayam kecap, daging ayam cincang, kacang hijau, kacang tanah, tausa, hingga babi kecap.

Mau mencoba jajanan khas yang satu ini, langsung aja datang ke Jalan Mangun Sarkoro (dulunya bernama jalan Boldy).

Putu Lanang Celaket, Jajanan Khas Malang Legendaris (Tahun 1935)

Siapa yang tak kenal dengan putu? Makanan khas Malang tempo dulu yang sudah ada sejak dulu. Jajanan ini sangat enak rasanya dan banyak dijajakan secara keliling.

makanan khas malang tempo dulu putu lanang celaket malang

Putu Lanang Celaket merupakan salah satu tempat jajanan khas Malang ini dibuat, dibuka sejak tahbun 1935, dan hingga sekarang tak pernah sepi pelanggan.

Selain putu, di tempat ini juga ada beberapa menu lain yang tak kalah enak seperti lupis, cenil, dan getuk. Makanan ini juga dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Setelah mengunjungi wisata Kota Malang, Anda bisa membawa pulang jajanan ini untuk dimakan di rumah.

Mau coba jajanan khas Malang yang satu ini? Langsung aja datang ke lokasinya di Jalan Agung Suprapto, Gang Buntu RT 03 Malang.

Rumah Makan Cairo, Kuliner Khas Timur Tengah Yang Menggoda (Tahun 1953)

Bagaimana makanan khas Timur Tengah yang ada di Malang? Anda bisa mencobanya di tempat ini. Rumah Makan Cairo adalah salah satu tempat makan di Malang yang menawarkan berbagai makanan khas Timur Tengah.

makanan khas malang tempo dulu rumah makan cairo malang

Rumah Makan Cairo sudah ada sejak tahun 1935, hingga kini juga masih ada. Makanan khas Malang tempo dulu ini punya berbagai makanan olahan mulai dari olahan berat hingga camilan. Namun apa yang beda dari rumah makan ini?

Beberapa makanan yang disajikan di tempat ini adalah nasi kebuli, sate, gule, nasi biryani, nasi mandh, krengsengan, dan kambing guling. Ada juga camilan berupa roti Maryam, dan martabak telor. Bedanya di tempat makan in adalah olahan daging kambingnya tidak berbau sama sekali.
Selain itu, ada juga susu kambing etawa murni yang sangat baik untuk kesehatan. Mau coba? Langsung saja datang ke Jalan Kapten P. Tendean.

Rujak Cingur Bude Ruk, Rujak Legendaris Malang (Tahun 1960)

Sudah pernah coba rujak cingur bude ruk yang mantap ini? hidangan bertabur bumbu kacang manis dan gurih ini bisa menambah nafsu makan setiap orang dan tentunya lezat. Jika Anda penyuka rujak cingur, maka tak ada salahnya jika berkunjung ke tempat makan di Malang yang satu ini.

makanan khas malang tempo dulu warung rujak cingur bude ruk

Warung rujak cingur bude ruk ini sudah ada sejak tahun 1960. Hingga kini juga masih ada dan masih membawakan rujak yang lezat.

Jika Anda ingin merasakan makanan khas Malang tempo dulu yang enak ini, maka coba rasanya ke warung yang tak pernah sepi pengunjung tersebut.

Ingin mencobanya? Langsung saja datang ke Jalan Seruji No. 17 Malang, gang 1. Hingga kini lokasi jualannya sering disebut juga sebagai gang rujak.

Warung Lama Haji Ridwan, Sate Legendaris Malang (Tahun 1925)

Lapar? Coba saja mampir ke warung lama haji ridwan. Warung ini punya hidangan khusus yang sangat enak sekali dan tentunya wajib Anda coba.

makanan khas malang tempo dulu warung lama haji ridwan

Warung Lama Haji Ridwan Sudah ada sejak tahun 1925. Berbagai sajian makanan rumahan yang lezat juga ada di tempat ini. Beberapa diantaranya yakni sate daging bacem, sate usus, dan sate komoh.

Sate komoh adalah salah satu menu favorit yang ada di tempat makan ini. Selain itu, sate daging bacem dan sate usus juga tak kalah enaknya. Bumbu resep jawa kuno yang disajikan masih terasa hingga sekarang.

Mau coba makanan khas Malang tempo dulu ini? Langsung saja datang ke tempatnya di dalam Pasar Besar Malang tepatnya di lantai dasar.

Depot Tahu Lontong Lonceng, Tahu Lontong Legendaris Malang (Tahun 1935)

Siapa yang tak tau tahu lontong? Iya makanan khas Malang tempo dulu ini banyak dijumpai di banyak tempat di Kota Malang. Jika ingin merasakan makanan yang lezat ini bisa mampir ke tahu lontong lonceng.

makanan khas malang tempo dulu warung tahu lontong lonceng

Tahu lontong lonceng sudah ada sejak tahun 1935, hingga kini sudah menjadi kuliner legendaris khas Kota Malang. Beberapa menu andalannya yakni tahu telor nasi, tahu lontong biasa, telor lontong, dan minuman.

Sajian tahu di tempat ini tak berubah sejak dulu hingga sekarang, di dominasi dengan rasa gurih dan bumbu kacang yang manis dengan tambahan sambal petis menjadikan makanan ini sangat enak.

Ingin mencicipinya? Bisa datang ke tempatnya di Jalan Laksamana Martadinata No. 66 Malang, di kawasan pertokoan Kota Lama Malang.

Bakso Bakar Pak Man, Bakso Bakar Legendaris Malang (Tahun 1997)

Siapa yang tak pernah makan bakso? Nah, bakso bakar yang satu ini memang beda dengan bakso pada umumnya. Bakso ini merupakan perwujudan dari ide kreatif pak man.

makanan khas malang tempo dulu bakso bakar pak man

Bakso bakar pak man ini sudah ada sejak tahun 1977. Bakso bakar yang satu ini memang enak rasanya, setiap harinya selalu ramai pengunjung. Makanan khas Malang Batu ini memiliki rasa yang enak dan menggoda selera. 

Kuliner ini memang tergolong masih baru, namun rasanya yang enak ini membuatnya banyak disukai para pengunjung Kota Malang. Makanan khas Malang tempo dulu ini tidak pernah sepi pelanggan.

Mau mencoba bakso bakar yang unik ? Langsung datang ke Jalan Diponegoro No. 19A, Malang.

Itulah Makanan Khas Malang tempo dulu yang ada hingga saat ini. Jika Anda seorang pecinta kuliner, maka cobalah Jajanan khas Malang yang masih ada ini. Selain berkunjung ke tempat wisata di Malang, Anda juga bisa mencoba berbagai kuliner Malang yang lezat. 

0 comments